Bursa Jual Beli Bibit Dan Tanaman Anthurium Koleksi

Bursa Jual Beli Bibit Dan Tanaman Anthurium Koleksi
Hubung Farida Ningsih Di 021-73888872

Thursday, September 20, 2007

Anthurium Daun yang Mempesona

Anthurium Daun yang Mempesona

APA yang terbayang jika bicara anthurium daun? Ya, pasti daunnya nan indah. Anthurium memang banyak digemari. Seperti stan-stan yang terdapat di Flora-Fauna Mega Jateng Fair PRPP. Diantara banyak stan, stan anthurium daunlah yang mendapat perhatian lebih. Meski ada pengunjung yang sekadar melihat-lihat tapi banyak juga yang membeli tanaman dengan daun lebar itu.

Sekilas, tanaman dari keluarga Arracae itu tidak ada yang istimewa. Daunnya lebih mirip daun tembakau dan terkesan biasa saja. Tapi toh mampu menarik perhatian.

Lantas, apa yang menarik dengan anthurium daun? Seorang pengunjung juga penggemar bunga, Sriyono mengatakan, daunnya cantik. "Anthurium daun punya banyak keunikan. Daunnya menjadi pesona tersendiri. Daun anthurium memiliki banyak macam bentuk, warna, tekstur dan ketebalan daun," tutur pria yang mengaku dari Solo ini.

Tak dapat dipungkiri yang membuat anthurium daun terasa mempesona, adalah daun-daunnya yang lebar dan lebat yang memberi kesan perkasa. Menurut Budi, salah satu penjaga stan, dari segi morfologis (bentuk daun) ada yang berbentuk lanset seperti golok atau pedang, ada yang bulat, lonjong, bulat cekung seperti mangkok, atau piring. Ada juga berbentuk bulat seperti sayur kol. Bahkan susunan daunnya bisa menggoda hati, karena bisa menyerupai wayang.

Gemulai daunnya tak kalah variatif. Ada yang lekuk daunnya mirip ular kobra atau ular sanca bahkan ada pula yang mirip penari jaipong. Beberapa jenis memiliki daun bergelombang, atau lekuk di bagian tepinya. Sehingga menyerupai keris atau alun gelombang laut.

"Anthurium yang bagus, adalah memiliki daun-daun yang mulus. Artinya, tidak ada yang cacat, baik sobek atau hangus oleh sinar matahari. Daun-daunnya harus tumbuh roset dan kompak," jelasnya.

Daun anthurium lazimnya berwarna hijau. Ada yang hijau muda, hijau pupus atau hijau tua. Panjang daunnya antara 20 sampai 50 cm, dan lebarnya 3 cm sampai 150 cm.

Soal harga pun bervariasi, tergantung jenisnya. Bibit yang baru berusia tiga bulan dengan tinggi 5-7 cm untuk jenis Jenmani dijual seharga Rp 325 ribu, Keris seharga Rp 45 ribu - Rp 60 ribu, Raffles Rp 25 ribu - Rp 30 ribu, dan Garuda Merah seharga Rp 125 ribu. "Semakin tua usianya, harga makin mahal. Seperti jenis Jenmani ini umur 4 tahun dengan tinggi 80 cm, harganya bisa mencapai Rp 15 juta," ujarnya seraya menunjuk anthurium jenis Jenmani.

Perawatan Mudah

Budi menambahkan, perawatan anthurium daun relatif mudah. Namun yang perlu diperhatikan adalah media tanaman. Jangan memakai tanah karena akan mengikat akar hingga sulit tumbuh. "Sebaiknya, pakai campuran pakis dan arang sekam agar akar gampang menyebar," kata dia.

Saat penyiraman pun harus melihat kondisi medianya. "Yang rutin sehari sekali. Saat cuaca panas bisa dua kali, pagi dan sore," sarannya. Sebaiknya anthurium jangan diletakkan di tempat yang terkena matahari langsung. Karena daunnya bisa berubah jadi kuning.

Anthurium jarang didatangi hama. Karena tanaman ini relatif kuat, daunnya juga tebal. (Moch Kundori, Fani Ayudea-56)


Jual Beli Bibit Dan tanaman Anthurium Koleksi 021-73888872

No comments:

Bursa Jual Beli Bibit Dan Tanaman Anthurium Koleksi

Bursa Jual Beli Bibit Dan Tanaman Anthurium Koleksi
Hubung Farida Ningsih Di 021-73888872
Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009